Selasa, 27 Januari 2015

Sejarah komputer dari awal sampai saat ini



Sejarah komputer dari awal hingga sekarang

Perkembangan (evolusi) Komputer
Bermula dari penemuan Charles Babbage yaitu alat hitung. Berkat penemuannya ia disebut sebagai Bapak Komputer. Kemudian alat hitung itu dikembangkan lebih lanjut oleh para ahli secara bertahap hingga kini perangkat canggih tersebut bernama Komputer. Tahapan dalam perkembangan atau evolusi itu disebut dengan generasi. Terdapat 5 generasi yang masing-masing memiliki sejarahnya sendiri.
Perkembangan komputer bersama evolusinya memiliki masa-masa yang sangat sulit, akan tetapi berkat para teknisi dan ilmuwan yang handal pada waktu itu peekembangan dari generasi ke generasi terasa mudah dan teroganisir. Komputer terus-menerus berkembang dengan memasukkan berbagai inovasi baru. Hingga saat ini, beberapa perusahaan ternama telah mulai mengerjakan komputer berteknologi sangat tinggi dangan nama komputer masa depan.
Sejarah Evolusi/Perkembangan Komputer
Banyak inovasi cerdas yang dilakukan dalam perkembangan tekonolgi komputer yang sangat pesat. Perkembangan inovasi komputer terbagi menjadi 5 generasi. Di bawah ini ulasan tentang perkembangan komputer dari awal hingga saat ini :
Komputer Generasi yang Pertama
Perangkat Komputer pertama kali dikembangkan yaitu komputer yang digunakan untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggarap konsep ini adalah Konrad Zuse, seorang insinyur dari Jerman. Lalu pada pertengahan 1940-an komputer ini dikembangkan lebih lanjut oleh John von Neuman.
Ciri yang terdapat pada komputer ini yakni CPU yang terdapat dalam komputer generasi pertama merupakan mesin pertama yang dipakai untuk mengoperasikan semua sistem yang ada dalam di komputer. Sedangkan program utama yang ada di dalam komputer generasi pertama yaitu “machine language”.
Komputer Generasi yang Kedua
Penemuan terpenting dalam komputer generasi kedua yaitu transistor, alat canggih ini dapat memaksimalkan kinerja yang ada di komputer meskipun dengan ukuran yang teramat kecil. Dengan ditemukannya alat ini banyak sekali pengaruh perkembangan pada komputer generasi kedua.
Banyak instansi kampus serta pemerintahan yang sangat memanfaatkan kecanggihan dari komputer ini, inti dari perkembangan komputer generasi kedua adalah ditemukannya transistor yang menjadikan komputer generasi kedua menjadi lebih kecil ukurannya dari komputer generasi pertama
Komputer Generasi yang Ketiga
Dalam perkembangannya transistor pada generasi kedua menjadikan komputer jadi lebih cepat panas, dengan demikian komputer generasi kedua perlahan-perlahan mulai ditinggalkan. Kemudian pada tahun 9158, seorang ilmuwan Jack Billy mencoba melakukan penelitian, ia membuat komponen yang lebih canggih dari pada transistor. Komponen tersebut adalah IC (Integrated Circuit), chip kecil ini mampu menampung banyak komponen menjadi satu.
Dengan menggunakan chip ini ukuran komputer jadi lebih kecil, juga pada komputer generasi yang ketiga ini lebih cepat dalam sistem operasi bahkan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.
Komputer Generasi yang Keempat
Pada tahun 1980-an, perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan terhadap IC, hasilnya satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen. Dari sinilah bermula istilah PC (Personal Komputer), maksudnya perangkat komputer telah mulai dipasarkan ke perorangan. Tidak berhenti sampai di situ saja Komputer generasi keempat memunculkan perangkat komputer yang sangat mudah dibawa ke mana-mana yang disebut LAPTOP.
Komputer Generasi yang kelima
Pada komputer generasi kelima pada saat ini dilakukan oleh banyak vendor elektronik. Komputer generasi kelima ini banyak disebut sebagai komputer masa depan. Beberapa bukti yang ada seperti smartphone, tablet, ultrabook dan lain sebagainya. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang hanya menggunakan otak untuk menjalankannya tanpa sentuhan kontak fisik apakah komputer generasi yang kelima seperti ini bisa diwujudkan, hanya waktu yang bisa menjawab.
Demikian sejarah singkat mengenai perkembangan komputer. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar