Jumat, 23 Januari 2015

Processor Adalah





Processor adalah satu chip yang dimasukkan dalam computer berbentuk Integrated Circuit (IC) yang mengendalikan semua sistem komputer dan dipakai sebagai inti atau otak dari aktifitas komputer untuk melakukan perintah yang disampaikan dan melaksanakan tugas input dan output.

Prosesor berada di socket yang ada di motherboard. Prosesor bisa dirubah dengan jenis yang lain asalkan socket pada motherboard sesuai dan sistem pada motherboard mendukung arsitektur prosesor tersebut. Kecepatan komputer dipengaruhi oleh kecepatan prosesor secara signifikan karena benda satu ini adalah merupakan pusat pengolahan data. Prosesor saat ini banyak disebut dengan microprosesor karena bentuknya yang sangat kecil secara fisik tapi mempunyai kecepatan proses yang tinggi.

Kecepatan processor dapat dihitung dengan satuan Hertz (Hz), Semakin tinggi nilainya maka akan semakin cepat pula kerjanya, untuk saat ini kecepatan processor sudah berada pada ukuran Giga Hertz (Ghz). Processor diletakkan pada socket di motherboard, sesuai dengan tipe atau socket atau slot dari processor atau motherboard tersebut.

Processor memiliki fungsi untuk memproses data yang diterima dari masukan atau input, kemudian menghasilkan keluaran atau output.

macam-macam Socket atau slot Processor:




  1. INTEL


Merupakan sebuah processor buatan Intel Corporation. Masyarakat pasti tidak meragukan lagi dengan yang satu ini. Awal dibuat pada tahun 1968 yang mempunyai kelebihan sebagai berikut :
  • lebih tahan terhadap panas
  • Mempunyai turbo bost yang berguna untuk meningkatkan performa dan kecepatan. Seperti pada  jenis Core I3, I5 dan I7.
  • Memiliki brand alias nama yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat, sehingga mempunyai daya jual yang tinggi.
    2.  AMD

            AMD adalah kependekan dari Advanced Micro Device Inc. Merupakan pesaing utama intel.  Processor jenis ini banyak diminati oleh penghobi game. Karena ada salah satu produknya yang dilengkapi dengan VGA Ati Radeon. Jika dibanding dengan intel, konsumsi daya AMD lebih besar, sehingga lebih boros listrik.
    3. ARM 

            Mungkin anda jarang atau belum pernah mendengar jenis processor ini, karena memang sebagian besar digunakan pada perangkat Handpone, music player dan router.
    4. CYRIX

            Diproduksi pertama pada tahun 1988. Mempunyai fitur kecepatan yang cukup optimal dan juga suhu kerja yang rendah. Namun secara kwalitas, masih dibawah intel dan AMD.
    5. TRANSMETA

            Awal diproduksi tahun 1995. Keunggulannya yaitu membutuhkan daya yang lebih sedikit, harga yang lebih murah dan tidak cepat panas.
    6. VIA

         


            Pertama kali VIA diproduksi pada tahun 1987 oleh Negara Taiwan. Dan lebih fokus untuk menjalankan perangkat ringan dan relative lebih kecil.
           
  
LGA atau Land Grid Array yaitu pin ada di socket mobo PGA atau Pin Grid Array yaitu pin berada di processor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar